Selasa, 03 Oktober 2017

Anda PKP Baru? Begini Cara Install Efaktur Versi V.2.0!

Bagi Pengusaha Kena Pajak yang baru terdaftar setelah tanggal 1 Oktober 2017, berikut tata cara instalasi aplikasi eFaktur Versi V.2.0 untuk Windows:

1.Cek spesifikasi windows, apakah menggunakan sistem 32 Bit atau 64 Bit.
Caranya: Klik kanan folder Computer/My Computer/This PC, klik "Properties", selanjutnya akan muncul informasinya.

2.Copy aplikasi versi baru dari flashdisk/cd sesuai jenisnya (32 Bit atau 64 Bit) ke folder baru di laptop/PC. File berbentuk Rar/Zip. Extract ke folder baru tersebut. Selanjutnya akan terbentuk file EtaxInvoice.exe.

3.Extract file EtaxInvoice.exe dengan cara mengklik dua kali. Akan terbentuk satu file baru berisi aplikasi baru.

4.Jalankan file EtaxInvoiceUpd.exe dengan cara mengklik dua kali. Akan muncul tampilan untuk registrasi awal aplikasi eFaktur. Proses berikutnya memerlukan koneksi internet.

5.Isi kolom NPWP. Browse file sertifikat digital (bisa diunduh di website efaktur.pajak.go.id) dan masukkan passphrase yang diminta. Isi kolom kode aktivasi desktop (bisa dilihat di surat yang dikirim via pos oleh KPP atau di website eNofa/www.efaktur.pajak.go.id), klik “Register”.

6.Selanjutnya akan muncul permintaan captcha dan password eNofa (bisa dicek di email perusahaan). Klik “Submit”.

7.Berikutnya kita lakukan pengisian kotak “Register User Lokal”. Isi kolom Username dengan nama yang kita buat sendiri (misal “Admin”, nama pengguna, nama perusahaan, dsb). Isi kolom nama penanda tangan.

8.Buat password sesuai keinginan kita. Boleh disamakan dengan passphrase atau password eNofa (untuk menghindari kebingungan karena terlalu banyak password). Klik “Daftarkan User”.

9.Bila muncul kotak Login, silakan isi kolom username dan password sesuai yang dibuat tadi. Klik “Login”.

10.Proses registrasi awal selesai. Untuk selanjutnya, tiap kali akan menjalankan aplikasi baru, klik
EtaxInvoice.exe atau create shortcut file ini ke desktop/pin to taskbar  untuk memudahkan mengaksesnya. 

Jangan lupa untuk membenamkan sertifikat digital perusahaan ke dalam aplikasi dengan membuka menu "Referensi" lalu klik menu "Administrasi Sertifikat". Browse ke direktori sertifikat digital dan masukkan passphrase. Ikuti proses sampai selesai. 

Info lebih lanjut silakan menghubungi Kring Pajak 1500200 atau layanan Helpdesk Kantor Pelayanan Pajak terdekat.

Selamat mencoba.

Sebelumnya: Cara update aplikasi eFaktur Versi V.2.0 untuk PKP lama.

Selanjutnya: Cara update aplikasi eFaktur Versi V.2.0 untuk Macbook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila berkenan sila tinggalkan jejak ya ^_^