Rabu, 24 Agustus 2016

Bikin Kode Billing Pakai HP? Kenapa Tidak?



Di postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang apa itu e-Billing dan bagaimana cara membuat Kode Billing melalui layanan mandiri yang ada di KPP. Nah, kali ini saya akan membahas tentang membuat Kode Billing melalui HP. Ya, HP!
Ada 2 cara membuat Kode Billing menggunakan HP:
1.Daftar DJP Online menggunakan browser HP dengan langkah-langkah pada postingan saya sebelumnya, atau
2.Layanan pembuatan Kode Billing melalui SMS. Saat ini hanya disediakan oleh operator Telkomsel. Pada postingan ini akan saya terangkan beserta ilustrasinya.

Tips Daftar DJP Online Melalui Browser HP
Ini penampakan kalau mau daftar akun DJP Online via browser HP:


Terbatas banget ya, silakan scroll ke bawah pada layar HP Anda agar tampilan lebih lengkap
Biasanya, ketika saya sulit mengakses laman ini melalui browser PC/laptop, saya akan mengakses melalui browser HP sebab lebih mudah dan jarang error (asal kuota internet masih ada, lo). Kendalanya mungkin karena tampilannya agak berbeda dengan yang di PC/laptop, ada kemungkinan Wajib Pajak (WP) belum familiar dengan penggunaan fitur yang ada. Kali ini akan saya berikan tips yang saya rasa penting dan sering saya temui ketika menerima konsultasi dari WP:
a. Tips pertama, jangan sekali-kali memasukkan EFIN ke dalam kolom “Password” halaman login DJP Online! Beberapa kali saya menerima curhatan WP mengenai hal ini. EFIN bukan password. Password itu dibuat oleh kita sendiri waktu mendaftar lo. Jangan lupa, buat password minimal 6 karakter, mau huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, tanggal pernikahan, ultah pasangan, apa saja boleh.
b. Setelah klik “Daftar” lalu tiba-tiba muncul pesan seperti ini bagaimana dong?


Tenang...jangan panik!
Artinya NPWP tersebut sudah terdaftar dan harus masuk dengan password yang (dulu) pernah dibuat. Nah, biasanya WP curhat lagi, “Mbak, saya kan lupa password-nya,” atau “Mbak, saya kayaknya gak pernah daftar DJP Online, deh.” Kalau sudah begitu biasanya saya sarankan untuk mengikhlaskan, prinsip saya sih yang berlalu biarlah berlalu, jadi baiknya kita cari solusi untuk mengatasinya.

Yang bisa kita lakukan adalah kembali ke halaman depan dan melakukan reset password dengan meng-klik tulisan "reset" di bawah kotak isian kode keamanan. Lalu silakan mengisi kolom yang perlu diisi.

c. Setelah klik “Daftar” tapi link aktivasi tidak kunjung diterima lalu bagaimana dong?
Tenang, tinggal klik di sini saja ya, lalu ikuti petunjuknya.


Klik "di sini" yaa

d. Sudah sukses mendaftar nih! Tapi kok tidak ada menu e-Billing-nya?
Tenang, kita bisa edit sendiri kok, seperti ini:


Klik di "Profile" untuk mengubah akses
Lalu edit di bagian ini:


Silakan tambahkan centang pada kotak pilihan e-Billing dan klik "Ubah Akses"

Biasanya akan muncul tulisan seperti ini:
Tenang...jangan panik! Silakan mengulang lagi langkah sebelumnya dan klik "Ubah Akses" lagi


Voila!!
Bila kita login ulang maka nanti akan muncul icon e-Billing, jadi tinggal meneruskan langkah selanjutnya sampai terbit Kode Billing (silakan baca postingan sebelumnya).
 
Layanan pembuatan Kode Billing melalui SMS
Satu lagi cara membuat Kode Billing yang cukup inovatif, yaitu melalui layanan SMS yang disediakan oleh Telkomsel. Langkahnya sebagai berikut:
1. Ketik *141*500#, kemudian akan muncul tampilan ini:
2. Bila WP ingin melakukan registrasi User Billing, silakan tekan angka 1. Bila tidak, maka WP hanya akan membuat ID Billing tanpa registrasi User, silakan tekan 2. Kelebihannya, bila mendaftar dulu maka WP tidak perlu input NPWP tiap kali membuat Kode Billing. Kekurangannya, WP tidak dapat membuat Kode Billing untuk lebih dari satu NPWP. Sebaliknya, bila WP tidak meregistrasi terlebih dahulu, maka WP bisa membuat Kode Billing untuk lebih dari satu NPWP.
3. Silakan ikuti petunjuk dari operator tersebut sampai berhasil mendapat Kode Billing.

Cukup jelas ya penjelasan dari saya. Apabila ada yang ingin ditanyakan silakan menghubungi kantor pelayanan pajak tempat terdaftar masing-masing atau di saluran 1500200. Terima kasih sudah berkenan mampir, share, dan komen :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila berkenan sila tinggalkan jejak ya ^_^