Kamis, 16 April 2015

DAFTAR KODE AKUN PAJAK DAN KODE JENIS SETORAN PAJAK



Beberapa hari yang lalu ada Wajib Pajak yang bertanya kenapa waktu dia mau bayar pajak ke bank ditolak dengan alasan tidak ada bulan laporan yang disilang. Setelah kucek, rupanya kode jenis setoran di Surat Setoran Pajak (SSP)-nya itu 100, artinya itu kode jenis setoran untuk pembayaran masa. Pantas ditolak, soalnya Wajib Pajak ini mau setor pembayaran Ketetapan, bukan pembayaran masa. Kodenya harusnya 310 untuk SKPKB (Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar) atau 300 untuk STP (Surat Tagihan Pajak). 


Kupikir-pikir, ternyata daftar Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran ini sangat penting buat pembayaran pajak ke bank, karena kalau salah mengisi berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. 


Jadi ku-upload saja di laman ini ya, siapa tahu perlu buat teman-teman semuanya. Bukan hanya buat teman-teman yang profesinya berhubungan dengan dunia perpajakan lo, tapi juga buat teman-teman yang ingin menyetor kekurangbayaran pajaknya selama setahun untuk melengkapi pelaporan SPT Tahunannya.






Abaikan saja yang dilingkari ya, itu hasil coretan yang gak disengaja waktu ada Wajib Pajak konsultasi. Oya, jangan lupa, bayar pajak itu di bank atau di kantor pos lo, bukan di kantor pajak. Semoga bermanfaat!

Baca ini juga ya!

4 komentar:

  1. Mantap Mbak informasinya. Saya baru tahu kalau mbak di dirjen ini juga. Hehehe.
    Kode MAP (bukan retailer) ini sbnrnya ada di database e-filling kan.

    BalasHapus
  2. thanks ya. sangat membantu untuk penyetoran pajak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2...ditunggu masukannya Mbak untuk tema artikel berikutnya :)

      Hapus

Bila berkenan sila tinggalkan jejak ya ^_^